Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar Menurut Bahasa Indonesia

Surat Lamaran Kerja


Pengertian - Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang kepada orang lain / suatu perusahaan, kantor maupun instansi dengan maksud agar pembuat surat lamaran diterima sebagai pegawai atau karyawan untuk bekerja pada orang / perusahaan tujuan surat.

Surat lamaran kerja dibuat kepada perusahaan atau instansi agar instansi tersebut mau menerimanya sebagai pegawai, oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus ditekankan agar instansi tersebut terpengaruh atau tergoda, diantaranya:

  • Naikkan Nilai Jual : Menaikkan nilai jual diri kita saat membuat surat lamaran kerja diantaranya adalah dengan menyebutkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kapabilitas dan hal hal lain yang dianggap perlu diungkapkan.
  • Relevan dan Cakap : Kita juga harus menunjukkan bahwa kita cakap dan bisa bekerja pada perusahaan tersebut, selain itu hal hal relevan terkait lamaran tersebut juga harus sedikit dibahas agar perusahaan melihat bahwa anda mengerti tugas pokok dan fungsi yang akan diberikan kepada calon pelamar kerja. 



Bagian Bagian Dalam Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja termasuk dalam klasifikasi surat resmi, oleh karenanya bagian bagian dalam surat harus standar dan sesuai dengan kaedah membuat surat yang benar berdasarkan Bahasa indonesia, adapun bagian bagian surat lamaran kerja adalah:
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Alamat tujuan
3. Salam pembuka
4. Isi surat, terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  • Paragraf pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
5. Salam penutup
6. Tanda tangan dan nama terang

Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Inisiatif Sendiri


Memang benar tidak ada salahnya kita menulis surat lamaran kerja kepada sebuah perusahaan walaupun perusahaan tersebut sedang tidak membutuhkan karyawan / menerima karyawan.

Mengapa demikian:

  1. Harapannya agar bila perusahaan tersebut tertari tentu kita bisa dihubungi.
  2. Bila perusahaan butuh karyawan secara tiba tiba untuk mengganti karyawan yang tiba tiba keluar, kita dapat mengambil manfaat dari situ.
  3. Kita sebagai pelamar tidak rugi apa apa "nothing to loose" tapi kalu berhasil direkrut ya Syukur

cara-menulis-surat-lamaran-kerja
Bagaimana bentuk suratnya? bagaimana cara menulis surat lamaran kerja inisiatif sendiri?

Surat lamaran kerja dengan inisiatif sendiri maupun bukan pada dasarnya adalah sama yaitu "SURAT LAMARA KERJA", bagaimana kalau kita mengambil contoh surat lamaran kerja berdasarkan lowongan pekerjaan saja, disana ada daftar hal hal yang diperlukan !!


Menulis Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Lowongan Pekerjaan di Internet


Saat ini hampir semua perusahaan atau instansi mengumumkan lowongan pekerjaan melalui media internet, jadi untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan diri kita tidaklah sulit.

Caranya silahkan buka google kemudian ketik lowongan pekerjaan yang kita minati. Bila ternyata lowongan pekerjaan sudah ditutup tetap buat surat lamarannya dan kirim lamaran pekerjaan lewat email tidak ada ruginya (penjelasannya ada diatas)

Sebagai contoh berikut ini adalah lowongan pekerjaan yang ada di internet "perhatikan kalimat yang diarsir"

cara-membuat-surat-lamaran-pekerjaan

Berdasarkan lowongan diatas, maka dokumen dokumen yang harus kita persiapkan dalam membuat surat lamaran kerja adalah:

  1. Membuat Surat Lamaran Kerja
  2. Membuat Curriculum Vitae / Data Diri
  3. Fotocopy KTP (tinggal fotokopi)
  4. Pas Foto (tinggal foto)
  5. Salinan Ijazah yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang (tinggal fotokopi dan legalisir)
  6. Salinan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang (tinggal fotokopi dan legalisir)
  7. Sertifikat yang relevan dengan lamaran yang diajukan (bila ada tinggal difotokopi).
  8. Melampirkan tanda bukti hasil tes CAT yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah (Tinggal difotokopi)
Dari 8 hal yang diperlukan, 6 diantaranya kita sudah memilikinya jadi tinggal membuat surat lamaran kerja dan membuat curiculum vitae



Cara Membuat CV Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)



Untuk membuat curriculum vitae atau daftar riwayat hidup caranya sangat mudah, silahkan buka microsoft word dan copy lembar curriculum vitae berikut ini :
Curriculum Vitae

A. Biodata Pribadi
1. Nama                     :
2. Tempat, Tgl. Lahir  :
3. Agama                   :
4. Domisili                  :
5. Jenis Kelamin         :
6. Status                     :
7. Tinggi, Berat Badan :
8. No. Hp                   :
9. Email                      :

B. Riwayat Pendidikan

I. Pendidikan Formal
Lulus SDN 44 - Jakarta (1990)
Lulus SMPN 162 - Jakarta (1993)
Lulus SMKN 422 - Jakarta (1996)
Lulus Universitas Jakarta - (2000)

II. Pendidikan Non Formal
2008 : Lulus Kursus Bahasa Jerman
2005 : Lulus Kursus Kesekertariatan
2010 : Lulus Kursus Komputer

C. Keterampilan
Mahir mengoperasikan MS Word, MS Excel
Fasih berbahasa Inggris

D. Pengalaman Pekerjaan
2009 hingga 2017 : Staff Administrasi, PT Maju Mundur - Jakarta

dst
Bila sudah selesai simpan cv yang selesai kita buat dengan nama file Daftar Riwayat Hidup + Nama Anda

Secara umum semua CV (daftar riwayat hidup) dibuat sedetail mungkin meriwayatkan pekerjaan dan pendidikan yang pernah kita jalani agar perusahaan calon tempat kita bekerja tertarik untuk merekrut kita sebagai karyawan karena latar belakang kita sesuai degan harapan dan standar perusahaan tersebut.

Selanjutnya kita tinggal menulis surat lamaran kerja.



Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Benar Menurut Kaedah Bahasa Indonesia


Untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan sesuai dengan standar Bahasa Indonesia secara umum maka struktur susunan surat kita harus standar pula, sebagaimana telah dijelaskan diatas yaitu terdiri atas:

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
2. Alamat tujuan
3. Salam pembuka
4. Isi surat, terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  • Paragraf pembuka
  • Isi surat
  • Paragraf penutup
5. Salam penutup
6. Tanda tangan dan nama terang

Untuk prakteknya silahkan copy contoh surat lamaran kerja berikut ini kemudian sesuaikan dengan bahasa dan konteks lamaran pekerjaan yang anda buat



Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan sesuai dengan kaedah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, silahkan copy ke microsoft word kemudian sesuaikan data diri dan data persuahaan.

Surabaya, 11 Juni 2017
Kepada Yth.
Kepala Bagian Personalia
PT. Maju Terus
Jl. Bintaro Raya No. 3, Plaza Bintaro Lantai 2, No 2b
Jakarta Selatan


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari ..... bahwa PT ....... sedang membutuhkan karyawan, saya berharap dapat mengisi posisi tersebut dan bisa menjadi bagian dalam PT....... .

Adapun data diri saya secara singkat adalah sebagai berikut :

Nama             : ...
Tempat/Tgl lahir : ...
Jenis Kelamin    : ...
Alamat           : ...
Nomor Telepon    : ...

Saya adalah alumni Universitas ....... di Yogyakarta fakultas ..... jurusan ... yang lulus pada tanggal ... april 2010. Saya adalah seseorang yang jujur, mau belajar dan mau bekerja keras, Saya mampu mengoperasikan Microsoft Office dan bisa bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebalumnya saya pernah bekerja di PT .... selama .... tahun pada bagian administrasi. dan pada tahun ..... saya juga sempat bekerja di PT...., (tambahkan rayuan maut kalau diperlukan)

Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup / curriculum vitae (cv)
  2. transkrip nilai ijazah
  3. fotocopy ktp
  4. dan foto berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
Besar harapan saya untuk dapat bergabung di PT ......, Saya akan berusaha untuk bekerja semaksimal mungkin dan menghasilkan kinerja yang baik  bagi PT..... .

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Hormat Saya



Budi Arto

Save setelah selesai membuat surat lamaran kerja dalam microsoft office dan beri nama file Surat Lamaran Kerja + Nama Anda



Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email


Setelah selesai membuat daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dan surat lamaran kerja, maka yang kita perlukan untuk mendapatkan pekerjaan pun sudah lengkap.
  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Curriculum Vitae / Data Diri
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas Foto
  5. Salinan Ijazah yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang
  6. Salinan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang
  7. Sertifikat yang relevan dengan lamaran yang diajukan
  8. Melampirkan tanda bukti hasil tes CAT yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah
Selanjutnya kita tinggal mengirimkan dokumen dokumen tersebut melalui email, selengkapnya bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewat email dapat dibaca dalam artikel mengirim lamaran kerja via email.


Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll