Tutorial menulis email resmi dan email formal yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa Indonesia : email resmi dari dan kepada perusahaan, instansi dan perorangan
1. Pengertian Email Resmi
Pengertian Email resmi adalah email yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi.

Sebelum era digital semua urusan resmi dilakukan melalui surat menyurat menggunakan surat yang diketik kemudian ditandatangani dan diberikan cap perusahaan atau instansi.
Saat ini Email adalah solusi berkirim surat, selain efisien dan tidak memakan waktu juga tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.
Secara garis besar ciri ciri email resmi adalah:
- Singkat padat dan jelas langsung pada inti maksud yang ingin disampaikan
- Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar (sesuai EYD) / bahasa baku.
- Bentuknya sebagaimana bentuk surat resmi.
2. Contoh Email Resmi
Seperti apa bentuk email resmi itu?
Email resmi banyak macamnya tergantung siapa yang menggunakan, ditujukan kepada siapa dan untuk keperluan apa.
Sama halnya dengan surat resmi, siapapun bis membuat atau menggunakan email secara formal, sebagai gambaran berikut ini bentuk email resmi / formal:
Contoh Email Resmi Perusahaan / Instansi
Email resmi perusahaan adalah pesan yang disampaikan kepada karyawan / relasi bisnis atau masyarakat menggunakan alamat email resmi milik perusahaan.
Contoh email resmi perusahaan / Instansi :
Contoh email diatas adalah jenis email yang pengirimannya dilakukan melalui embed dokumen kedalam pesan email, sehingga tampak seperti fisiknya.
Contoh email resmi perusahaan yang pengirimannya dilakukan tanpa embed dokumen :
Dari dua contoh diatas terdapat perbedaan bentuk emailnya, perbedaan bentuk email tersebut disebabkan karena kebijakan organisasi masing masing.
Contoh Emil Resmi Lamaran Pekerjaan
Bila diatas telah dicontohkan email resmi dari perusahaan kepada karyawan dan dar perusahaan kepada nasabah, berikut ini adalah contoh email resmi perorangan kepada perusahaan:
Diatas adalah contoh email resmi perorangan kepada sebuah perusahaan yang saya ambil dari internet.
Secara garis besar semua contoh email resmi diatas menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
3. Cara Menulis Email Resmi / Email Formal Yang Baik dan Benar
Setelah kita memahami apa itu email resmi dan email formal serta melihat contoh contohnya, sekarang waktunya kita membuat email resmi.
Ciri ciri Email Yang Baik dan Benar
Pesan email formail yang baik dan benar strukturnya harus mengandung :
- Kepala Surat / Kop Surat (Bila atas nama instansi organisasi atau perusahaan)
- Pembukaan
- Isi Email
- Penutup
Kepala Surat / Kop Surat
Bila kita membuat email mengatas namakan organisasi perusahaan instansi maupun perkumpulan maka wajib kita buat kop suratnya, bentuk kop surat adalah sebagai berikut:

Kop Surat
Beberapa perusahaan memberikan kebijakan tersendiri dalam menampilkan kop surat pada email resmi, namun penggunaan kop surat sangat dianjurkan
catatan: Untuk e-mail resmi yang dibuat oleh perorangan, tidak usah menggunakan kop surat
Pembukaan Email Resmi
Pembukaan dalam email formal yaitu mencantumkan nomor surat, lampiran, tujuan surat, dan salam pembuka seperti contoh berikut :

Pembuka
Untuk surat resmi dari perorangan tidak perlu mencantumkan nomor, lampiran dan perihal
Isi Email Resmi
Isi email resmi merupakan hal yang ingin disampaikan dalam surat, terdiri atas paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup, seperti contoh berikut :

Isi Email Resmi
Penutup Email Resmi
Email resmi atau formal ditutup dengan salam penutup, nama terang dan tanda tangan seperti contoh berikut ini :

Penutup
# Cara Menulis dan Mengirim Email Resmi / Formal
Setelah memahami bagaimana email resmi seharusnya dibuat, untuk prakteknya silahkan ikuti petunjuk langkah langkah membuat email resmi berikut ini :
#1: Membuat Konsep Email Resmi
Agar lebih mudah buat konsep email yang akan ditulis terlebih dahulu dengan microsoft word atau notepad, setelah itu kemudian copy consep surat :
Buatlah konsep email / tulis email di komputer. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta strukturnya harus mencerminkan bahwa email tersebut merupakan email resmi (seperti telah dicontohkan diatas)
Selanjutnya blok dan copy konsep surat
#2: Buka dan tulis Email Baru
Buka aplikasi email yang digunakan, entah itu gmail yahoo mail maupun outlook, kemudian ikuti langkah seperti pada gambar:
1. Compose / Tulis Email
Klik pada menu warna merah sebelah kiri atas untuk mulai menulis email baru.2. Tujuan Email
Masukkan alamat email tujuan yang hendak kita kirimkan email3. Tulis Subject Email
Subject email seharusnya sama dengan Hal / Perihal pada konsep email yang sebelumnya kita buat4. Masukkan Kop Surat
Untuk email resmi kantor atu organisasi masukkan gambar kop surat melalui menu insert image#3: Mengedit dan Mengirim Email Resmi
Selanjutnya adalah tahap editing email agar terlihat lebih formal dan rapi, ikuti petunjuk gambar:
1. Edit Kop Surat Resmi
Sesuaikan lebar gambar kop surat, cukup klik kemudian tarik sesuai lebar halaman2. Paste Konsep Email Resmi
Selanjutnya paste konsep email resmi yang sebelumnya telah ditulis dalam microsoft word atau notepad, kemudian rapikan3. Kirim Email
Klik pada tombl SEND untuk mengirim email yang baru saja kita buat.#4: Selesai
Demikian tutorial cara menulis email resmi / email formal, terkait dengan tulisan ini kami sertakan tips:
Last Update:
Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll