Pengertian Email Client : Contoh Fungsi Manfaat dan Kelebihnnya !

Pengertian Email Client / Mail Client Software

Email client adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada komputer pribadi yang memungkinkan kita untuk mengirim, menerima dan mengatur e-mail, disebut client karena sistem e-mail didasarkan pada struktur atau fungsinya sebagai client server.

Cara kerjanya adalah pesan email dikirim dari klien ke mail server, dimana mail server kemudian mengarahkan pesan email ke alamat tujuan yang dimaksud.

Email client biasanya digunakan dalam jaringan intranet, namun demikian beberapa mail client software seperti mozilla thundirbird, dan microsoft outlook memungkinkan kita dapat menggunakan email client terhadap email berbasis web (webmail) tentunya dengan syarat kita harus membuka port IMAP dan POP3 pada settingan email.

pengertian-email-client-adalah
Penggunaan email client pada mail berbasis web memungkinkan komputer kita melakukan syncronisasi dan mengunduh email kita dari web, dan bila sudah terdownload kita dapat melihat semua email secara offline tanpa jaringan internet.




Fungsi Email Client dan Manfaatnya

Secara umu fungsi email client adalah untuk mengirimkan email, menerima email, memforward email dan menyimpan atau mengarsipkan email di dalam komputer kita.

Namun demikian beberapa software email client memberikan fasilitas fasilitas tambahan (seperti halnya microsoft outlook) beberapa fasilitas yang ada diantaranya adalah:

  1. Mengirimkan email secara massal
  2. Cancel sent mail
  3. Email tracking
  4. Email reminders (buat ngingetin kalau email ndak dibalas)
  5. Email templates
  6. Kirim email berjadwal
  7. Task reminders 
  8. Aktivasi synchronization. 
  9. dll

Sangat banyak sekali fungsi yang diberikan oleh mail client, tergantung sejauh mana kita dapat memanfaatkan fungsi fungsi yang ada.

btw: Silahkan buka HP android dan buka aplikasi gmail ... itulah mail client, walaupun HP kita dalam kondisi tidak terkoneksi internet kita masih bisa membaca pesan pesan dalam email karena sebelumnya telah terdownload.

fungsi-email-client
Ini Lho Email Client



Kelebihan dan Kekurangan Email Client

Berikut ini kelebihan dan kekurangan email client :

Kelebihan:
  • Henghemat koneksi internet. 
  • Kita dapat membaca dan menulis email secaraoffline. 
  • Pesan e-mail tersimpan dalam komputer pribadi kita (mudah mengarsipkan)

Kekurangan:
  • Hanya bisa diakses melalui device (komputer laptop atau HP) itu saja, tidak bisa menggunakan komputer publik


Contoh Email Client

Contoh email client yag sering kita gunakan adalah aplikasi gmail di HP android, itu adalah salah satu contoh bentuk mail client

contoh-emaii-client-di-hp
Aplikasi Gmail = Email Client


Contoh email client yang digunakan di komputer :

contoh-email-client-di-komputer
Email Client Mozilla Thundirbird


contoh-email-client-office-outlook
Email Client Microsoft Outlook


Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll