Tips Memilih Nama Alamat Email dan Contoh Email Yang Benar

Nama alamat email yang bagus memangnya penting?


"Nama alamat email" atau sering disebut "nama email" yang sebutan standarnya menurut google adalah "Nama Pengguna Email" merupakan hal paling penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus, banyak pengguna internet yang memilih nama alamat email tanpa pikir panjang yang pada akhirnya berakibat buruk.

Berikut ini adalah hal hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih nama alamat email :



Memilih Nama Alamat Email #1: Fungsinya


Apakah email akan digunakan untuk pekerjaan atau hanya untuk bersosialisasi di media sosial? bila kita membuat nama email untuk pekerjaan maka gunakanlah nama asli sebagai nama email

contoh : budi.susanto@gmail.com untuk pekerjaan, dan budi.gaul@gmail.com untuk bersosialisasi


Memilih Nama Email #2: Alias


Nama alamat email lain yang harus dmiliki adalah alamat email yang akan digunakan untuk HIT and RUN, Apa itu?


Yang dimaksud dengan nama email hit and run adalah nama email samaran yang sama sekali tidak merujuk pada diri kita ataupun nama email primer milik kita, karena email hit and run kalau diihat berdasarkan fungsinya sedikit berbau spammy dan jahat, tapi jangan berburuk sangka dulu semua tergantung penggunanya.

contoh: Terkadang banyak jasa gratis yang disediakan oleh internet, seperti download software gratis atau film, namun kadang kadang link download yang kita butuhkan ternyata dikirimkan via email oleh pemilik file.

Nha untuk inilah alamat email hit and run kita gunakan, kenapa tidak menggunakan alamat email primer saja? karena kita belum mengenal website pemberi software tersebut, jangan jangan cuma tipuan, setelah kita berikan alamat email bukan link yang diberikan tapi justru gambar aneh aneh, atau bahkan virus. Nama alamat email hit and run merupakan solusi yang tepat untuk kasus seperti ini.



Prinsip Memilih Alamat Email


Ada beberapa prinsip dasar yang harus diterapkan pada saat memilih nama alamat email yang diantaranya adalah :
Nama Alamat Email Harus Sependek Mungkin
Nama Alamat Email Harus Mudah di Ucapkan Mudah di Dengar
Nama Alamat Email Harus Mencerminkan Penggunanya
Usahakan Jangan menggunakan angka

Kenapa harus seperti itu?

Banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan bila kita memilki nama email yang dapat memenuhi 4 kriteria diatas, akan saya jelaskan dalam bentuk contoh kasus sebagai berikut :

Contoh 1: 

Pada suatu hari di masa lalu anda membuat email dengan nama galaxy@gmail.com

Selang beberapa tahun kemudian samsung meluncurkan produk bernama samsung galaxy

apa yang terjadi kemudian?

pastinya ketika pihak samsung akan membuat nama email untuk produknya pada akun webmail google dia akan melihat peringatan -nama alamat email yang anda gunakan telah dipakai orang lain- yaitu anda.

Saat itulah nama alamat email anda memiliki nilai jual :D

Contoh 2: 

Pada suatu hari di masa kini, istri anda di kampung hendak mengirimkan foto keluarga disana melalui email, dia pun bertanya melalui telpon kepada anda .... mas nama emailmu apa? aku mau kirim email nih

dengan enteng anda menjawab sugklonistiko.nomero@gmail.com

Apa yang terjadi kemudian?

istri anda pasti bilang -sms aja deh mas, ntar salah kirim lagi"

jadi buatlah nama alamat email yang mudah diucapkan dan catchy, agar mudah dimengerti.


Contoh 3: 

Pada usatu hari anda membuat sebuah email dengan nama lgbt@gmail.com.

Apa yeng terjadi kemudian?

teman teman anda akan melarikan diri.... jadi buatlah alamat email yang mencerminkan diri anda sebenarnya, jangan dibuat buat.


Contoh 4: 

Penggunaan angka pada alamat email agak tidak sedap dipandang dan cenderung susah diingat oleh lawan bicara ataupun partner bisnis anda

doniantoni12061980@gmail.com

@#$@#$ mudah anda ingat namun tidak untuk orang lain.


Contoh Nama Email Yang Baik :

Berikut ini adalah contoh nama email yang baik dan benar yang sesuai dengan EYD, sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari alamat email yang kita miliki :
felix.turnip@gmail.com --> Nama sebenarnya
felix.akuntan@gmail.com --> Profesi
felix.sosial@gmail.com --> Email untuk media sosial
qwertyuiop@gmail.com --> Hit and Run email
Demikian sedikit pembahasan tentang memilih nama alamat email yang baik dan benar, semoga di kemudian hari memberikan kemudahan dan manfaat yang maksimal untuk kita.

Semoga setelah membaca artikel ini tidak ada lagi nama alamat email yang sejenis dengan felix.turnip3@gmail.com , felik.turnip4@gmail.com", dll - be creative
Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll