Cara Membuat Email Baru: Langkah Daftar Email Gratis Gmail

Mendaftar Email, Kenapa?

Email bisa dikatakan sebagai salah satu hal terhebat yang diciptakan oleh internet. Banyak manfaat yang kita peroleh bila kita telah memiliki / mendaftar email diantaranya adalah:

  1. Email merupakan sarana berkrim surat secara elektronik (hemat waktu biaya dan tenaga)
  2. Email digunakan untuk klarifikasi pendaftaran akun apapun baik itu facebook, twitter, instagram dan medsos lainnya (Tidak punya email alamat tidak punya akun medsos)
  3. Memberikan berbagai fitur layanan yang memudahkan kita dalam berbisnis terutama aplikasi pengelola waktu dan bookmark contact bisnis.
Sebelum bisa mengambil manfaat yang disediakan oleh media internet secara maksimal baiknya kita memiliki / mendaftar email terlebih dahulu.


Tempat Daftar Email Gratis Dimana?

Mayoritas layanan email saat ini berbasis web atau secara istilah kita menyebutnya sebagai webmail. Layanan email gratis yang ada di internet diantaranya adalah:
  1. Layanan email gratis Gmail (Tempat daftar email gratis milik google)
  2. Layanan email YM (Tempat daftar email gratis milik yahoo)
  3. Layanan email outlook (Tempat daftar email gratis milik microsoft)


Ketiganya meruakan layanan webmail gratis yang ada di internet dan merupakan salah satu layanan email terbaik saat ini.

Jadi hendak membuat email baru dimana? bagaimana kalau kita coba di gmail



Cara Membuat Email Baru di Gmail Bagaimana?


Untuk membuat email baru di gmail caranya cukup mudah, ikuti panduannya berikut ini :


Langkah #1: Google Account

Kunjungi halaman pendaftaran akun google, anda akan dibawa ke halaman pendaftaran "perhatikan form sebelah kanan", isi form pendaftaran akun google dan setujui persyaratan dalam term and condition, maka kita sudah berhasil membuat email baru di gmail.

Bila belum familiar dan takut gagal, maka silahkan ikuti petunjuk pengisiannya pada langkah nomer 2



Langkah #2: Pendaftaran Akun Gmail

Secara garis besar formulir pendaftaran gmail akan serupa dengan form dibawah ini, silahkan isi seperti contoh namun tentu saja data diri disesuaikan dengan data diri Anda:

cara-membuat-email-baru

Keterangan:

Nama: Kolom nama hanya terdiri atas 2 kolom, bila nama kita lebih dari 2 kata maka isikan kata terakhir dalam nama kita pada kolom nama belakang, dan sisanya diisi pada kolom nama depan.

Nama Pengguna: Nama pengguna adalah nama alamat email yang akan kita gunakan, karena kita membuat email baru di gmail maka alamat email kita akan berakhiran @gmail.com

Kata Sandi: Gunakan kata sandi yang merupakan gabungan antara huruf kecil, huruf besar dan angka serta melebihi 8 huruf, lebih lanjut kunjungi cara membuat password yang aman.

Konfirmasi Sandi: Masukkan kembali kata sandi kedalam kolom konfirmasi kata sandi

Tanggal Lahir: Masukkan tanggal lahir sesuai dengan contoh pada gambar

Gender: Terdapat 3 pilihan gender yaitu pria wanita dan lainnya, isikan jenis kelamin yang sesuai dalam kolom pendaftaran email yang disediakan.

Ponsel: Isi form ini dengan nomer telepon yang sebenarnya, +62 adalah kode pengganti 0 untuk wilayah indonesia. Jadi isikan nomer telpon tanpa diawali 0 seperti pada contoh gambar membuat email diatas.

Alamat Email Saat Ini: Bila tidak memiliki email bisa dikosongkan saja namun bila memiliki email yahoo atau hotmail bisa diisikan nama alamat emailnya pada kolom ini. Fungsinya adalah sebagai email pemulihan seandainya terdapat masalah dalam email gmail yang akan dibuat

Terkadang muncul verifikasi captcha seperti dibawah ini, bila hal itu terjadi caranya cukup ketik kaptca yang tertulis pada gambar sesuai dengan contoh dibawah ini.

cara-membuat-email-baru

Bila seluruh form pendaftaran gmail telah diisi, selanjutnya klik pada tombol langkah berikutnya



Langkah #3: Klarifikasi Gmail


Setelah di klik langkah selanjutnya biasanya juga diarahkan ke halaman klarifikasi email melalui nomer telpon yang sebelumnya kita cantumkan pada form pendaftaran gmail sebelumnya, bila hal itu terjadi cara melakukan klarifikasi email adalah sebagai berikut:

cara-membuat-email

Fungsi klarifikasi nomer HP ini adalah apabila suatu saat terjadi kesalahan /  gangguan email maka pemulihan email bisa dilakukan melalui HP



Langkah #4: Persetujuan Email

Klik persetujuan dan konfirmasi email apabila muncul peringatan peringatan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

konfirmasi-email



Langkah #5: Berhasil Membuat Email di Gmail


Bila telah muncul halaman inbox gmail seperti gambar dibawah ini, artinya kita telah berhasil membuat email di gmail

berhasil-membuat-email-di-gmail

Demikianlah langkah langkah daftar email gratis di gmail, selamat beraktifitas
Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll