Pengertian Webmail Contoh Webmail dan Penyedia Layanan Webmail

Pengertian webmail - Webmail atau web email adalah suatu aplikasi berbasis web yang disediakan oleh penyedia layanan email agar para penggunanya dapat mengakses email melalui sebuah browser di internet.

karena aplikasi ini berbasis web, maka para pengguna layanan Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak atau program, cukup mengisi sedikit konfigurasi menggunakan internet browser seperti internet explorer, microsoft edge, mozilla firefox, opera, maupun google chrome.
pengertian-webmail

Siapa saja Penyedia layanan webmail - Hampir seluruh perusahaan besar di bidang internet menyediakan layanan email gratis berbasis web “Webmail” , seperti Google Mail dengan produk webmail bernama Gmail, Search engine yahoo dengan webmail bernama ymail atau lebih dikenal dengan Yahoo Mail, microsoft dengan outlook webmailnya, American online dengan AOL mailnya dan masih banyak lagi.

Semua perusahaan raksasa di bidang internet, utamanya search engine” rata rata telah menyediakan layanan free webmail “aplikasi email berbasis web gratis” untuk menjaga loyalitas para usernya. 


Setelah kita tahu pengertian webmail, definisi webmail dan siapa saja penyedia jasa webmail, maka selanjutnya kita harus tahu manfaat dan keuntungan bila kita menggunakan webmail.

Banyak keuntungan menggunakan webmail, namun yang terpenting adalah layanan layanan webmail bersifat gratis, dan pengguna webmail dapat mengakses email dari mana saja cukup menggunakan menggunakan browser.

Fasilitas webmail standar antara lain : Mengirim email, Membaca email, Membalas email, mendeteksi adanya spam, mengelompokkan email berdasarkan kategori tertentu secara otometis, proteksi terhadap email. 

Seiring kemajuan teknologi, penyedia layanan email telah membuat webmail untuk versi mobile. Webmail versi mobile dapat diakses menggunakan perangkat seluler yang terkoneksi internet, email langsung dapat dibaca pada perangkat telepon pintar, bisa juga diakses menggunakan aplikasi tambahan android atau windows mobile,  browser seperti Opera Mini dapat digunakan untuk mengakses webmail di HP.

Yang harus diperhatikan saat mengakses email melalui webmail adalah biasakan untuk selalu log out ketika selesai mengakses email melalui komputer publik seperti warnet atau kantor, agar pengguna komputer selanjutnya tidak dapat melihat atau mencuri informasi penting dari akun email milik kita.

Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll