Pengertian Alamat Email (Analogi dan contoh Email)

Alamat Email atau dalam istilah internet disebut Akun Email (email account) adalah alamat virtual dalam dunia maya yang berfungsi hampir sama dengan alamat rumah kita, yaitu mengirim dan menerima pesan.

Bedanya pesan yang dikirim dan diterima oleh alamat email adalah pesan elektronik yang dikirim melalui media internet, sedangkan alamat rumah hanya mampu menerima surat yang dikirim melalui jasa pos / kantor pos.

Contoh Analogi dan Pengertian Alamat Email


(Set: Era 90an)

Karena tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk ikut merayakan ulang tahun ibu anda di kampung, maka 1 minggu sebelum ibu anda berulang tahun anda mengirimkan kartu ucapan selamat ulang beserta wesel (dengan sejumlah uang) melalui kantor pos, dalam kartu pos tersebut anda menuliskan beberapa kalimat :
Kepada : YTC Ibu Kartini, Jl Yos sudarso No 14 kel kraton, kec plumpang, kab jombang
Itulah alamat rumah anda, setelah anda masukkan surat anda ke dalam kotak pos, beberapa hari kemudian ibu anda di jombang menerima pesan yang anda kirim (yang pasti kiriman jarang sampai tepat waktu jadi pasti hari uang tahun ibu anda sudah terlewat) cerita selanjutnya sangat panjang diikuti dengan pencairan wesel dll


(Set: Masa Kini)

Anda masuk di akun email yahoo anda kemudian anda membuat email baru
To : kartini@yahoo.com
Cc: 
Ibu selamat ulang tahun, mohon maaf budi tidak bisa pulang, ada sedikit uang budi kirimkan ke nomer rekening ibu tadi pagi.
Ananda budi santoso
Pesan yang anda kirimkan melalui email tiba ke alamat email milik ibu anda beberapa detik setelah anda klik tombol send / kirim. Jadi secara fungsi, alamat email berfungsi sama dengan alamat rumah yaitu tempat tujuan untuk berkirim surat, bedanya alamat email digunakan untuk mengirim surat elektronik.

Rumah tempat tinggal kita berperan sangat penting dalam kehidupan sehari hari. Boleh saja kita beraktifitas seperti bekerja, bermain sekolah, belanja dll tapi setiap malam kita harus pulang untuk tidur di rumah, atau hanya sekedar mampir makan siang.

Sama halnya dengan fungsi rumah didunia nyata, email sangat penting saat kita melakukan penelusuran di dunia maya, bila kita membeli barang maka konfirmasi order dikirim oleh penjual ke alamat email kita, bila mau mendaftar akun facebook diminta alamat email, dll semuanya membutuhkan alamat email seperti halnya kita membutuhkan rumah di dunia nyata.

Seluruh alamat email di dunia bersifat uniq tidak ada yang sama, jadi bila awalan alamat email nama anda telah diambil oleh orang lain maka anda harus mencari nama lain untuk alamat email anda. Berikut ini sedikit tips dalam memilih nama untuk alamat email anda.
Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll