Pengertian Inbox Dalam Email + Trik Setting E-mail Filtering

Arti Inbox - inbox adalah susunan kata dalam bahasa inggris yang terdiri atas in (masuk) dan box artinya kotak, Jadi bila di artikan secara bahasa maka inbox artinya adalah kotak masuk.

arti-inbox-adalah

Pengertian Inbox Dalam Email


Apa itu inbox?


Pengertian Inbox Dalam Email: Inbox adalah sebuah folder dalam email yang berfungsi untuk menampung email yang masuk / dikirimkan kepada alamat email kita. Normalnya begitu kita masuk akun email secara otomatis kita berada pada folder inbox.



Memanfaatkan Fungsi Inbox dalam Email Gmail


Inbox pada dasarnya adalah sebuah folder, namun google sendiri tidak mau menyebutnya sebagai folder, google menyebut inbox sebagai "LABEL"

Tampilan Inbox Email Gmail

pengertian-inbox-dalam-email
Tampilan Inbox Gmail

Saat masuk ke email gmail secara otomatis kita akan berada pada label inbox.

Dalam label inbox terdapat 5 sub label yaitu primary, social, promotion, updates, dan forums. Fungsi label inbox tersebut adalah sebagai berikut:

Inbox >> Primary : Semaua email masuk yang belum dikategorikan akan masuk di folder primary

Inbox >> Social : Bila akun gmail terhubung dengan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram maka email masuk yang asalnya dari website medsos secara otomatis disimpan pada sub label social.

Inbox >> Promotion : Bila akun medsos kita terhubung dengan toko online atau website komersil, maka email yang berasal dari website tersebut akan tersimpan di sub label promotion

Inbox >> Updates : Sub label updates menyimpan email pemberitahuan terkait info update produk google

Inbox >> Forum : Mengelompokkan email masuk yang berasal dari forum diskusi yang kita ikuti seperti detik, kaskus, dan kompas.
Berarti kita bisa buat label sendiri supaya email dari kantor saya otomatis bisa masuk ke label itu biar terorganisir dong?

Tepat sekali... Lets Do this !!



Setting Email Filter di Inbox Gmail dengan Label


Pengertian e-mail filter adalah sebuah metode yang digunakan untuk memisahkan email berdasarkan suatu kriteria tertentu sehingga secara otomatis setiap email masuk telah tersaring kedalam folder masing masing.

Untuk melakukan email filter di gmail silahkan ikuti petunjuk dalam gambar berikut ini:

#Step 1:
gmail-email-filter
Membuat Label Baru Gmail Untuk Email Filter
Yang harus dipersiapkan  ipertama kali sebelum setting email filter di gmail adalah membuat label untuk menyimpan email yang akan difilter.

Cara buat label di gmail : Kik create New Label >> Beri Nama Label >> Klik Create


#Step 2
cara-filter-email-gmail
Setting Email Filter di Gmail

Untuk melakukan setting E-Mail Filter agar email secara otomatis masuk kedalam label yang sebelumnya kita buat caranya adalah:

Klik Pada Inbox >>Centang Jenis Email (email dari dono) >> Klik More >> Filter Message Like This


#Step 3
cara-email-filter-gmail
Pilih Label Untuk Menyimpan Email Filter

Filtering email bisa dilakukan berdasarkan kriteria seperti pengirim email, alamat email, subject email, Mengandung Kata kata dll, sebagai contoh kali ini kita filter email berdasarkan alamat pengirim email (alamat email si dono), maka caranya :

Di From ketik alamat email si Dono >> Kemudian Klik Create filter with this search >> Aply To Label >> Pilih Label Inbox Kantor >> Create Filter.

Di masa yang akan datang, setiap menerima email dari si dono maka email akan berada di label Inbox Kantor.

Fungsi Email Filter adalah untuk mengorganisir email masuk sehingga kita tidak susah mencari email masuk karena secara otomatis email akan terorganisir dengan sendirinya sesuai kriteria yang telah kita tetapkan.

Artikel ini merupakan bagian dari tips dan trik belajar email pada topik istilah dalam email.


Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll