Jenis Jenis Email Berdasarkan Fungsi dan Layanannya

jenis-jenis-email Ada 7 jenis email bila dikelompokkan berdasarkan fungsi dan layanan emailserver yang diberikan, jenis jenis email tersebut diantaranya adalah marketing email, notification mail, transactional mail, POP3, Webmail, MAP, dan IMAP yang dibedakan berdasarkan fungsi dan server yang digunakan.

Kita tidak sedang membicarakan masalah tentang jenis jenis email gratis atau jenis email selain yahoo dan gmail, kita sedang membicarakan jenis email secara global dari sudut pandang edukasi.

Namun bila Anda tertarik membaca topik bahasan jenis email "merek" apa yang hendak digunakan untuk mendaftar, bisa beralih ke topik: jenis jenis email gratis.




Jenis Jenis Email Berdasarkan Fungsinya


Ada 3 jenis email bila dikelompokkan berdasarkan fungsinya yaitu marketing email, notification email, dan transactioonal email, adapun penjelasan tentang ketiga jenis email tersebut adalah sebagai berikut:

Marketing Emails #1 Jenis Email Berdasarkan Fungsinya


Pengertian marketing email adalah pesan yang dikirmkan melalui email kepada pelanggan atau calon peanggan dengan maksud komersil.

Biasanya isinya adalah penawaran ikan suatu produk berupa barang maupun jasa yang menginformasikan tentang adanya jenis produk baru dan potongan harga / diskon.

Jenis email ini kita lihat atau kita peroleh bila sebelumnya kita melakukan subscribe newsletter pada website website online store seperti bhinneka, lazada maupun bukalapak.

Bentuk marketing email:
  • Newsletters
  • Flash sales
  • Promosi
  • Katalog
  • dll.


Contoh Marketing Email

jenis-email-marketing
Contoh Jenis E-mail Marketing

Diatas adalah contoh jenis email marketing berupa penawaran produk karena saya berlangganan newsletter dengan onlinestore real madrid.

Setiap ada produk baru atau diskon real madrid akan mengirimkan email, salah satu cirinya adalah terdapat menu unsubscribe "berhenti berlangganan berita" pada bagian bawah pesan email.


Notification Emails #2 Jenis Email Berdasarkan Fungsinya


Dalam bahasa indonesia disebut sebagai Email pemberitahuan, yaitu email yang fungsinya memberitahu user, setiap kali terjadi peristiwa tertentu.

Secara umum, email pemberitahuan digunakan untuk merayakan dan / atau menandai sebuah acara maupun sebuah peristiwa.

Sama halnya seperti newsletter, email jenis ini bisa kita dapatkan atau peroleh bilaana sebelumnya kita telah melakukan pengatura notifikasi, entah itu di dalam email maupun melalui website info berlangganan.

Aneka bentuk email pemberitahuan:

  1. Birthday email / Email pemberitahuan ulang tahun
  2. Shopping Cart Abandonment email / Email tagihan online shop yang belum dibayar
  3. Greetings after a purchase / Email ucapan terimakasih setelah belanja, dll.
Contoh Jenis Email Pemberitahuan:


jenis-email-pemberitahuan
Contoh Jenis E-mail Notification Mandiri



Transactional Emails #3 Jenis Email Berdasarkan Fungsinya


Sedikit berbeda dengan email marketing, email transaksional adalah jenis pesan email dimana antara konsumen dan penjual "saat itu" sedang terjadi transaksi.

Email jenis ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena hampir pasti akan terjadi sebuah transaksi baik itu penjualan, sewa,  maupun jenis transaksi lainnya.

Bentuk umum email transaksional:
  1. Order
  2. Payment confirmation / konfirmasi pembayaran
  3. Invoice / tagihan, dll.
Contoh jenis email transaksional:

contoh-jenis-email-transaksional
Contoh Jenis E-mail Transactional Paypal




Jenis Jenis Email Berdasarkan Layanan

Berdasarkan layanannya (cara kerja server email), email dapat di bedakan menjadi 4 jenis yaitu webmail, POP3, IMAP, dan MAPI yang secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:


1. Jenis Webmail (Web-based email)


Mayoritas provider email memberikan layanan web based email ( AOL Mail, Gmail, Outlook.com, Hotmail and Yahoo! Mail).

Web based email artinya adalah bahwa pengguna dapat login, membuka, menerima, dan mengirim email menggunakan browser.

Email tidak tersimpan dalam komputer namun, tersimpan dalam web oleh karena itu disebut web based (berbasis web).


2. Jenis POP3 email services


POP3 merupakan singkatan dari Post Office Protocol 3, yaitu sebuah protokol atau perintah yang digunakan oleh client untuk membaca atau mengirim email.

Email jenis POP3 tersimpan di dalam hard disk komputer, karena aplikasi pop3 secara otomatis mengunduh email dari server agar bisa dibaca di komputer / perangkat ponsel pintar.

Jenis email POP3 server cenderung kurang fleksibel digunakan saat ini, karena protokol POP3 secara otomatis akan menghapus email pada inbox server sehingga email tidak dapat dibaca pada perangkat lain.

contoh kasus: Misalkan kita melakukan setting protoko POP3 pada email gmail, maka apabila ada email masuk maka akan terdowoad secara otomatis pada komputer yang kita telah setting mail client menggunakan protokol POP3.

Setelah terdownload maka secara otomatis pula pesan dalam inbox akan dihapus, sehingga bila kita mengakses gmail dari perangkat lain maka inbox akan terlihat kosong.

Bagaimana kalau misalnya kita sedang dalam perjalanan keluar kota? berarti kita harus pulang untuk bisa melihat pesan dalam inbox..... tidak efektif.

jenis-email-pop3
Contoh Mail Client



3. Jenis IMAP email servers


Jenis e-mail server yang ketiga yaitu IMAP yang merupakan singkatan dari Internet Messaging Access Protocol.

IMAP merupakan protokol yang lebih baik bila dibandingkan dengan POP3, karena email bukannya tersimpan pada komputer pribadi namun tetap tersimpan pada server.

Saat kita menggunakan mail client dan mengakses mail server menggunakan protokol IMAP, maka mail client fungsinya hanya untuk mengunduh email saja tanpa menghapus (kecuali bila disetting berbeda).

Protokol IMAP biasanya memberikan notifikasi email masuk dengan memperlihatkan sedikit snippet pada ponsel berupa subject email, nama pengirim dan sedikit header email, pengguna harus melakukan respon untuk melihat keseluruhan pesan pada email. "sering kita lihat notifikasinya pada ponsel android"

Protokol IMAP memungkinkan kita dapat mengakses email pada perangkat yang berbeda, Berikut ini perbedaan POP3 dengan IMAP

perbedaan-jenis-email
Perbedaan Jenis E-mail POP3 dengan IMAP



4. Jenis MAPI email servers


Messaging Application Programming Interface atau disingkat MAPI adalah jenis email protokol yang dikembangkan dan digunakan oleh microsoft outlook untuk komunikasi antara microsoft exchange server dengan mailserver lain seperti Axigen Mail Server, Kerio Connect, Scalix, Zimbra, HP OpenMail, IBM Lotus Notes, Zarafa, dan Bynari.

Protokol MAPI memungkinkan penyedia layanan email (mailserver) tersebut dapat diakses secara langsung menggunakan Outlook, baik itu online outlook maupun office outlook.

Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll