Membuat Password Yang Aman Untuk Email & Facebook (Anti Hack)

Dalam kesempatan kali ini, membuatemail.com akan berbagi sedikit tips tentang cara membuat password yang aman untuk email dan aplikasi online lainnya seperti facebook, toko online, paypal, sehingga tidak bisa di hack, bukankan mencegah lebih baik daripada mengobati?

Baca Juga :
Pengetahuan dasar kata sandi
Cara membuat kata sandi yang aman Anti Hack
Cara melihat kata sandi kita yang lupa
Cara mengganti kata sandi di gmail
Mengganti kata sandi melalui HP
Cara setting pemulihan akun google
Cara reset password pemulihan akun google
Beberapa hari yang lalu saya menonton national geographic berjudul The Origin Of Human Kind kalau tidak salah, waktu itu topiknya tentang perang....dan di akhir acara diceritakanlah kehebatan peperangan cyber di masa yang akan datang.

Selang beberapa hari kemudian situs telkomsel kena hack (yang menyebabkan jaringan paket data hancur selama kurang lebih 1 minggu lamanya).

Ironis memang!!

Kalau telkomsel "salah satu perusahaan terbesar di Indonesia" saja jebol apalagi cuma facebook kita?

cara-membuat-password-facebook Sebelum terlkomsel, hacking lebih parah dulu pernah menimpa salah satu punggawa software terbesar dunia yaitu ADOBE (Iya yang bikin photoshop & adobe reader itu) ... usut punya usut ternyata masalahnya adalah password yang lemah, jadi semua masalah bermuara dari password / kata sandi.

Untuk itulah dalam kesempatan berbagi kali ini akan saya bagikan sedikit tips cara membuat password yang aman untuk email, akun facebook maupun aplikasi online yang kita gunakan sehari hari. Kalaupun nanti berhasil dijebol toh paling tidak hackernya juga kesulitan dan lama memecahkan kode password kita, dan syukur syukur kalau password nya cukup kuat + tidak berhasil di hack.


Cek Keamanan Password

Baru tau ya kalau tingkat keamanan password bisa dicek?

Pada dasarnya semua password / kata sandi bisa dibobol oleh software pengacak kata sandi, namun yang berbeda adalah waktu keberhasilan memecahkan kata sandinya.

Tingkat keberhasilan software pengacak kata sandi beraneka macam, mulai dari 1 jam, 1 hari, 1 minggu, 1 tahun, dan bisa juga 1 juta tahun. Intinya semua kata sandi bisa dijebol, tapi kalau dibutuhkan 1000 tahun pengacakan baru bisa dijebol siapa yang mau ngehack?

create-strong-password

Nha' cara cek password untuk melihat kekuatan sandi kita bisa dengan menggunakan kaspersky password checker, bisa dikunjungi di : cek password dengan kaspersky, atau cukup masukkan contoh password pada kolom "test your password" dibawah ini:




Jadi gimana hasilnya? passwordnya dijebol dalam hitungan menit hari atau jam?

Password yang baik itu kalau waktu pengacakannya ada diatas 10.000 century (10.000 abad), gimana cara membuat password yang seperti itu? yuk ke tahap selanjutnya


Cara Membuat Password Yang Baik

Password yang baik itu yang gimana? ulasan tentang cara membuat password sebelumnya pernah saya bahas di: cara membuat password email, untuk kali ini kita hanya membahas pengaplikasiannya saja, bagi yang ingin tau lebih jauh tentang teorinya silahkan dibaca pada halaman terkait.

Bila hasil kaspersky checker menunjukkan waktu pengacakan kurang dari 100 tahun tidak perlu risau, berikut kiat kiat membuat password yang aman:

  1. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka
  2. Gunakan Awalan atau akhiran Frase (Akronim)
  3. Gunakan Bahasa Asing namun pelafalannya dengan bahasa Indonesia
Lebih jauh akan dijelaskan per subtopik berikut:


Membuat Password Kombinasi Huruf dan Angka

Beikut adalah contoh contoh password yang kuat dengan hanya kombinasi huruf dan angka saja:

  • 67Xh5FnO8Kt99
  • KFdn875sdfjhjG

Kedua password diatas cukup kuat (bisa dicek), namun membuat password dengan kombinasi seperti ini sama halnya dengan bunuh diri, karena kita pasti lupa...

Namun selalu ada solusi dalam setiap masalah.... gunakan buku untuk mencatat, atau mungkin kita lanjutkan dengan teknik selanjutnya


Membuat Password Menggunakan Frase

Berikut ini adalah contoh membuat password menggunakan akronim:

  • TimKesSayReaMad (Tim Kesayangan Saya Real Madrid)
  • SayTidSukDenBar  (Saya Tidak Suka Dengan Barcelona)
Hanya contoh saja, untuk pendukung barcelona jangan marah ya!

Teknik membuat password yang kedua sangat efektif, selain mudah diingat juga ternyata cukup kuat, mesin pengacak password kaspersky memberikan estimasi pengacakan rata rata diatas 2.000 abad.


Membuat Password Menggunakan Bahasa Asing

Bahasa asing yang dimaksud adalah bahasa yang penulisannya tidak menggunakan huruf latin, seperti bahasa jepang, china, arab, maupun india. Berikut ini adalah contoh password menggunakan bahasa asing:

  • Kabikushikabigam
  • Kokoronotomoto
  • Allahummabariklanafimarozaktanawakinaadzabannar

Password yang dibuat dengan teknik seperti ini ternyata cukup efektif, mesin pengacak password rata rata baru bisa memecahkan password seperti ini setelah lebih dari 3.000 abad.


Membuat Kata Sandi Teknik Gungho

Gungho adalah strategi acak pada footbal manager sebelum 2010, strategy acak ketika semua strategy normal gagal memenangkan pertandingan.

Caranya bagaimana?

Gunakan kombinasi ketiga teknik diatas ....dan semoga berhasil membuat sebuah password yang aman untuk email maupun akun facebook dan medsos lainnya.

Demikian sedikit tips cara Membuat Password Yang Aman Untuk Email & Facebook (Anti Hack)
Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll